7 Games Nintendo Legendaris Era 90an

Hidup adalah permainan, begitu kata suatu ungkapan. Dan kebetulan ada sejumlah permainan yang memang mengisi hidup kita, terutama di kala kita masih kecil. Malah tak cuma mewarnai masa depan anda, bahkan ada yang berhasil mencatatkan namanya di buku catatan rekor dunia karena koleksi games nya.

Salah satu konsol game yang terkenal adalah Nintendo. Konsol game Nintendo ini sendiri ternyata memiliki banyak permainan yang membawa kembali kenangan masa kecil anda. Game NES apa sajakah yang membawa kenangan masa kecil anda? Simak ulasan 7twist berikut.

7. Contra

permainan Contra sebagai game action yang terkenal ketika masa kecil
Contra adalah sebuah games yang membawa kenangan banyak anak kecil di era 1990an. Permainan ini bisa dimainkan sendirian, tapi akan lebih seru dimainkan bersama-sama teman. Ada dua tokoh pria kekar yang bisa kamu mainkan di games Contra ini.

Storyline dari games ini adalah misi pembasmian organisasi jahat bernama Red Falcon. Dua orang jagoan komando, Bill Razer dan Lance Bean, diutus ke kepulauan Galuga untuk membasmi organisasi ini. Mereka adalah bagian dari grup elit Contra yang punya spesialisasi dalam perang gerilya. Belakangan diketahui bahwa organisasi ini diatur oleh alien yang ingin menguasai dunia.

Permainan ini pertama kali di rilis dalam bentuk Arcade dan kemudian dikembangkan ke dalam bentuk NES. Games ini rilis dalam bentuk NES di tahun 1988 di bawah bendera Konami. Dalam permainan ini, kamu mungkin tidak mengenal jagoan Contra dengan nama Bill atau Lance. Alih-alih kamu mengenalnya sebagai tentara komando bercelana biru atau merah. Versi Contra NES yang pertama kali terbit memiliki sedikit perbedaan storyline dengan yang di rilis di Amerika Utara. Tapi esensi dari ini tidak berubah.. Lari, lompat, tembak.

6. Megaman

Megaman sebagai game action legendaris NES
Megaman, atau dikenal juga dengan Rockman merupakan salah satu games yang legendaris yang pernah anda mainkan di waktu kecil. Capcom mengembangkan dan merilis game action ini tahun 1987 dengan platform asli adalah Nintendo Enterntainment System (NES).

Sama seperti Contra, cara bermain di game ini adalah lari, lompat, dan tembak. Jika Contra menawarkan variasi dari jenis tembakan, maka Megaman menawarkan variasi jenis serangan setelah anda mengalahkan sejumlah bos. Megaman juga memiliki alur cerita, plot, dan karakter yang menarik. Meskipun Megaman telah dirilis berulang kali di berbagai jenis konsol, alur cerita, plot dan karakter tokohnya tetap konsisten dan sama.

Megaman bercerita tentang seorang manusia robot bernama Rock. Rock diciptakan oleh Dr. Light untuk menyelamatkan dunia dari ancaman robot-robot Dr. Wily. Kisah Megaman memiliki sekuel Mega Man X, Mega Man Zero, Mega Man ZX, Mega Man Legends, Mega Man Legends 2, yang berkisah masih tentang penyelamatan dunia dari serangan robot-robot buatan ilmuwan jahat. Moral of the story, jika kamu ingin membuat game yang mengalahkan ketenaran Megaman, buatlah game berjudul Gigaman, atau Teraman.

5. Donkey Kong

game donkey kong sebagai game legendaris masa kecil
Siapa yang tidak mengenal Donkey Kong, sesosok karakter gorilla yang beraksi di hutan tempat tinggalnya. Karakter ini begitu terkenal sampai-sampai banyak orang tua sekalipun mampu mengenali sosok Donkey Kong ini.

Ternyata, Donkey Kong ini pertama kali muncul sebagai karakter antagonis. Pada tahun 1981, ia muncul dalam sebuah mainan arcade sebagai lawan dari Jumpman (kemudian disebut Mario). Shigeru Miyamoto kemudian menjadikan tokoh Donkey Kong ini sebagai protagonis dengan musuhnya si buaya bernama King K Rool. Donkey Kong Jr. menjadi sekuel dari seri Donkey Kong yang pertama. Tidak hanya muncul di game ny sendiri, Donkey Kong juga sering muncul menjadi karakter tambahan di banyak game lain, misalnya seperti Mario Cart.

4. Street Fighter

game Street Fighter sebagai game legendaris masa muda
Yang hobi games berantem, pasti kenal dengan Street Fighter. Meskipun games ini dirilis tahun 1987, namun game Street Fighter ini selalu teringat sebagai salah satu game fighting terbaik yang pernah ada. Saking terkenalnya, anak-anak kecil era 1990an sering meniru gerakan Ryu sambil berteriak “Abuugeet”, sebuah salah tangkap dari seharusnya teriakan “Shoryuken”.

Games besutan Capcom ini begitu terkenal di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Selain diangkat dalam bentuk game, Street Fighter ini juga dibuat ke dalam bentuk lain seperti layar lebar, mini seri, animasi, manga, serta juga komik.

Siapakah jagoan street fighter andalan anda? Pukulan dan Tendangan Ryu? Jurus-jurusnya Ken? Jurus mautnya Chun Li? Pukulan panjangnya Dhalsim? Atau sengatannya Blanka.

3. Final Fantasy

game Final Fantasy sebagai permainan NES legendaris
Para penggemar game genre Role Playing Game atau RPG wajib kudu tau game evergreen yang satu ini, Final Fantasy. Final Fantasy pernah mencetak rekor berupa penjualan sebanyak 110 juta kopi. Game besutan Square Enix ini bahkan memegang rekor 7 Guinness World Record dalam edisi game di tahun 2008.

Final Fantasy yang kini tampil dengan grafik ciamik ternyata dimulai dari game dengan grafik sederhana. Jadi yang membuat game Final Fantasy begitu spesial di awal rilis adalah plot cerita dan gameplaynya yang bagus.

Final Fantasy bercerita tentang petualangan empat kesatria cahaya yang ditugaskan untuk mengembalikan kekuatan empat kristal. Empat kristal ini adalah penopang dunia. Yang menjadi ciri khas dari seluruh seri games Final Fantasy (dan kebanyakan games RPG lainnya) adalah job role dari karakternya. Job role yang bisa dimainkan diantaranya adalah Warrior, Thief, Monk, Red Mage, White Mage, Black Mage. Karakter dengan ciri serupa kemudian terus bermunculan dan berkembang di banyak seri Final Fantasy lainnya.

2. Super Mario Bros

game Super Mario Bros sebagai game legendaris masa kecil
Mario dan saudaranya Luigi, adalah salah satu ikon dari Nintendo yang sangat mendunia. Tokoh yang dicitrakan di serial televisi sebagai keturunan Italia ini diciptakan Shigeru Miyamoto.

Diceritakan bahwa Mario, bersama saudaranya Luigi dikenal berkelana di Kerjaan Jamur. Mario kemudian memiliki tujuan menyelamatkan Tuan Puteri Peach yang diculik oleh Bowser, tokoh antagonis dalam game ini. Sebelum dikenal di NES, Mario diperkenalkan di game arcade dengan nama game Jumpman. Di seri Super Mario Bros, keahlian Mario masih sama seperti di seri arcade yaitu melompat. Namun di seri Mario Bros ini bisa menjadi besar dengan mengkonsumsi jamur. Bahkan Mario bisa mengeluarkan serangan api ketika dalam kondisi Super Mario.

Siapa jagoanmu dalam games Super Mario Bros ini? Mario atau Luigi? Jika Luigi, jangan-jangan kamu anak kedua ya.

Bagi kamu yang ingin nostalgia dan menemui kesulitan dalam menyelesaikan game Super Mario Bros, simak video tutorial berikut:

1. Legend Of Zelda

game Legend of Zelda sebagai permainan NES legendaris evergreen
Dan dalam list nomor satu kita sebagai game NES paling legendaris yang pernah ada dan dimainkan adalah Legend Of Zelda. Bukan sembarangan, Legend Of Zelda menjadi permainan yang mendapatkan skor sempurna 40/40 dari para empat reviewer majalah Famitsu Jepang. Guiness Book of World Record bahkan mencatatkan salah satu seri game Legend Of Zelda, Ocarina of Time, sebagai permainan dengan skor tertinggi sepanjang masa, 99/100.

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata inspirasi dari permainan Legend of Zelda berasal dari pengalaman Shigeru Miyamoto ketika masih kecil. Shigeru menghabiskan masa kecilnya di Sonobe. Di kampung halamannya, dia mengeksplorasi hutan, danau, gua, dan desa-desa yang masih ada. Pengalaman masa kecilnya sangat membekas dalam diri Shigeru. Salah satu momen yang sangat ia kenang adalah ketika ia menemukan sebuah gua di tengah hutan. Shigeru kemudian membawa lentera dan mengeksplorasi gua tersebut.

So gamers sekalian, jangan sekali-kali membuang kenangan petualangan masa kecilmu. Jangan-jangan berkat memori masa kecilmu, kamu bisa sesukses Shigeru Miyamoto. Siapa tahu…;)

Artikel Terkait

First